Resep Pindang Ikan Bandeng Tidak Pake Susah

adsense 336x280 Siapa yang tidak kenal dengan ikan bandeng…? sudah dapat dipastikan hampir seluruh orang Indonesia pasti mengenal ikan bandeng. Ikan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara pada umumnya, dalam bahasa Inggris ikan ini disebut MILK FISH, tidak tahu kenapa ikan ini disebut ikan susu dalam bahasa Inggris. Di Indonesia ikan bandeng umumnya di kembang biakkan oleh peternak ikan di dalam kolam atau tambak yang berdekatan dengan laut.

Resep Pindang Ikan Bandung
Rasa ikan bandeng sangat gurih, walaupun ikan bandeng sering di ternakkan di tambak yang berdekatan dengan air laut tapi rasa dagingnya tidaklah asin, akan tetapi terkadang ikan ini kalau baru diambil dari tambak agak berbau lumpur, nah disarankan apabila ingin mengkonsumsi ikan ini sebaiknya didiamkan dulu beberapa hari(7-14 hari) di tempat yang tidak berlumpur atau air mengalir sehingga lama kelamaan aroma lumpurnya akan hilang. Atau bisa juga dengan perlakuan yang lain yaitu dengan diberikan cairan asam tertentu, namun cara ini jarang dilakukan.

Kandungan nutrisi ikan bandeng sangat tinggi, yang merupakan sumber protein hewani, terdapat vitamin B kompleks, kalori dan selenium. Akan tetapi ikan bandeng juga banyak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Disarankan ikan bandeng di olah atau dimasak dengan cara di goreng dengan sedikit minyak, dikukus dan dipanggang gunanya untuk menurunkan kadar lemak dan kalorinya.

Berikut ini adalah salah satu cara memasak ikan bandeng yang paling populer di Indonesia, yang sering di sebut dengan nama RESEP PINDANG IKAN BANDENG.

RESEP PINDANG IKAN BANDENG

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
– 600 gr ikan bandeng, dibersihkan, dipotong–potong sesuai selera
– 6 siung Bawang Merah, bakar bersama kulitnya hingga matang
– 3 siung Bawang Putih, dibakar dan diiris tipis-tipis
– 10 bh Cabai Rawit yang masih utuh
– 3 bh Cabai Merah, dibakar dan dipotong seukuran 2 cm
– 1 btg Serai atau daun sereh, dipukul sampai memar
– 1 lbr daun salam
– 1/2 sdt garam dapur ( gunanya untuk melumuri ikan bandeng )
– 2 sdt larutan air asam ( buat dilumuri ke ikan bandeng )
– 2 sdm Kecap Manis
– 4 bh Belimbing Sayur, dipotong–potong sesuai selera
– 1 bh tomat matang. dipotong-potong
– 3/4 sdt Gula Merah/gula jawa
– 1/2 sdt Gula Pasir
– 1 sdm Air Asam
– 1 1/4 sdt Garam dapur
– 800 ml air putih

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :

– 2 cm Lengkuas, dibakar dan dihaluskan
– 1 cm Kunyit, dibakar dan dihaluskan
– 1 cm Jahe, dibakar dan dihaluskan

Cara Membuatnya :
1. Lumuri bandeng dengan menggunakan garam & air asam. Setelah itu diamkan selama 15 menit.
2. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam, daun sereh, bumbu iris, kecap manis dan air. Dan masak hingga mendidih.
3. Campurkan jadi satu air asam, belimbing sayur, tomat, cabai, gula, garam dan bandeng. Di aduk-aduk hingga semua bumbu merata di ikan bandeng.
4. Masaklah cukup dengan api sedang saja sampai bumbu meresap dan matang
6. Siap dihidangkan dan dinikmati.

Demikianlah resep pindang ikan bandeng yang sangat populer dikalangan ibu-ibu dihampir diseluruh wilayah republik Indonesia, resep masakan ini tidaklah terlalu sulit utk dikerjakan karena semua bumbu banyak tersedia di pasaran. adsense 336x280

0 Response to "Resep Pindang Ikan Bandeng Tidak Pake Susah"

Post a Comment