Menengok Sejarah Remote TV Dari Waktu Ke Waktu

adsense 336x280 Sejarah Remote TV - Kali ini sobat jennifer ingin membuat coretan tentang asal usul remote tv yang tidak semua orang tau. Beruntung kita sekarang hidup di jaman yang sangat maju perkembangan teknologinya. Kalau jaman dulu jauh sebelum adanya TV Plasma, LCD dan LED masih hitam putih, untuk mengganti channel menggunakan remote yang masih menggunakan kabel yang menjulur panjang.

Pada saat pertamakali keluar tahun 1950 banyak orang merasa antusias dan senang dengan penemuan remote TV yag diberi nama Lazy Bones. Saat itu perusahaan dari amerika Zenith Electronic menggunakan rancangan berupa remote dengan kabel yang panjang hingga 6 meter.

Sejarah Remote TV
Dari waktu ke waktu penonton mulai merasa terganggu dengan kabel yang menjulai tersebut. Hingga akhirnya 5 tahun berlalau tepat di tahun 1955 Eugene J Polley menciptakan remote TV tanpa kabel (Wireless) dengan sebutan Flash Matic.

Dengan bentuk seperti pistol alat pengendali jarak jauh yang diciptakannya mampu menyalakan dan mematikan TV tanpa harus beranjak dari tempat duduk. Saat ditekan akan akan terlihat cahaya dari lampu sensor yang berkedip. Sedangkan untuk mengganti channel dan mengatur volume suara juga bisa dilakukan.

Hal yang unik dan tidak disangka, ternyata penemu Remote TV pertama kali dulunya adalah seorang yang tidak ada hubungannya dengan perangkat elektronik, melainkan seorang yang bekerja di bagian gudang penyimpanan barang.Namun beruntung Dr Robert Adler yang mempunyai keahlian tersebut akhirnya dipindahkan ke perusahaan Zenith Electronic agar lebih berkembang.

Baca juga: Cara Setting Remote TV Universal

Lagi-lagi setelah beberapa tahun bergabung ada lagi karya terbarunya berupa remote TV yang menggunakan gelombang suara elektronik sekitar tahun 1956. Remote TV tersebut diberi nama Space Command Lalu, pada tahun 1956, Dr Robert Adler mengeluarkan remot TV tanpa kabel yang menggunakan gelombang suara ultrasonik. Alat itu diberi nama Space Command yaang berarti dapat diperintah dengan suara yang sudah dikenali seprti tepukan tangan atau yang lainnya.

Dari situlah cikal bakal banyaknya pembuat Remote TV sekarang ini dengan bentuk yang semakin beragam disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Itulah sejarah singkat dari Remote TV yang mungkin kamu tidak ketahui. Tapi tunggu dulu coba baca perkembangan selanjutnya dibawah ini.

Smartphone Kini Bisa Jadi Remote TV Serbaguna

Ya, Pada tahun 2011 hingga sampi sekarang ini sudah banyak orang yang mempunyai semartphone, terkadang satu orang memiliki lebih dari satu. Dengan adanya Bluetooth, Infrared dan Wi-Fi televisi model sekarang sudah banyak yang bisa dikendalikan dengan smartphone. Terutama si robot ijo android OS kepunyaan google.

Dulu memang belum banyak orang yang menyadari dengan fungsi IR Blaster (infrared) yang tersemat di ponsel. Tapi sekarang fitur tersebut sudah cukup populer di tengah masyarakat. Namun sayangnya terkadang ponsel kelas low-end biasanya tidak dibekali dengan IR Blaster.

Semua tergaantung dari pengguna smartphone apakah membutuhkan untuk keperluan seperti presentasi agar leih mudah bisa saja. Tau sebagai ganti remote TV yang hilang atau rusak.
Sekarang sudah taukan Sejarah Asal Usul Remote TV dari dulu sampai sekarang ini. Semoga artikel dan penjelasannya bisa bermanfaat buat yang penasaran. adsense 336x280

0 Response to "Menengok Sejarah Remote TV Dari Waktu Ke Waktu"

Post a Comment